InstaForex

Senin, 16 Januari 2012

Halo sahabat traders

"Mengapa kitA merasa tidak percaya diri akan analisa dan trading plan  sendiri ? Saya lebih sering mengikuti pendapat orang lain daripada mengikuti trading plan yang sudah saya buat sendiri."
Hal tersebut sebenarnya sangat wajar terjadi pada trader pemula. Anda tidak sendiri. Rasa kurang percaya diri juga saya alami ketika saya menjadi trader pemula. Pada saat itu saya ingat betul, saya merasa bahwa analisa saya kurang ini dan itu, analisa orang lain nampak lebih keren dan lebih berbobot. Namun kenyataannya, hal itu tidak benar-benar terjadi.

Seringkali saya menjumpai fakta yang cukup membuat mata saya terbuka, bahwa analisa yang saya buat ternyata jauh lebih profitable ketika saya jalankan dengan sungguh2, daripada mengikuti trading plan orang lain. Hal ini bukan berarti bahwa rekomendasi orang lain yang saya ikuti itu buruk, namun ternyata ketika kita mempunyai sebuah pandangan, sebuah keyakinan tersendiri akan analisa yang kita buat, itu akan mendorong kita untuk lebih disiplin dan fokus pada analisa tersebut. Sedangkan ketika mengikuti trading plan orang lain, kita belum tentu tahu / yakin akan apa yang mendasari akan pengambilan keputusan tersebut.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan rasa "percaya diri" ? Percaya diri adalah pikiran positif, perasaan dan tindakan yang mencerminkankeyakinan bahwa Anda dapt berhasil mencapai tujuan. Ketika seseorang ragu-ragu / tidak yakin pada diri sendiri, maka kemungkinan seseorang untuk meraih sukses sangatlah kecil. Jadi, bisa disimpulkan, ketika trader tidak yakin akan kemampuan dirinya sendiri, maka sulit bagi dirinya untuk meraih profit yang konsisten.

Rasa percaya diri akan mendongkrak semangat belajar trader, meningkatkan kinerja dan meraih profit yang lebih konsisten. Trader yang percaya diri juga lebih mudah melakukan pembatasan kerugian,karena ia tahu mengapa dan kapan harus melakukan pembatasan kerugian dengan benar.

Trader yang kurang percaya diri biasanya akan terfokus pada permasalahan, pada kesalahan tradingnya, daripada berfokus pada usaha untuk membenahi kesalahan itu sendiri, atau usaha untuk mencapai hasil yang optimal.
Lalu bagaimana caranya mendongkrak rasa percaya diri trader ?
Berikut ini ada 7 tips untuk mendongkrak rasa percaya diri trader :

1) Sering-seringlah melakukan VISUALIASI / mengimajinasikan lagi dengan detil masa-masa ketika Anda mencetak profit / menciptakan transaksi yang profitable. Ingat-ingatlah kembali apa yang Anda lakukan saat transaksi Anda profit. Visualisasikan bagaimana Anda memeprsiapkan trading plan, bagaimana fokus anda pada saat itu. Jangan lupa juga untuk mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang Anda buat supaya bisa diperbaiki untuk transaksi berikkutnya.

2) Jagalah kebugaran fisik Anda, karena ketika Anda merasa fit, segar, dan sehat, hal ini akan menambah kewaspadaan Anda pada saat trading dan memberikan citra diri yang baik bagi Anda.

3) Buatlah daftar kekuatan / kelebihan Anda. Periksa daftar ini secara teratur untuk mengingatkan diri Anda sendiri tentang betapa berhasil Anda sebenarnya.

4) Hilangkan pikiran dan kenangan negatif. Ketika memori negatif itu muncul (trauma karena teman / diri sendiri pernah loss besar), gantikan dengan image / pikiran yang positif seperti : tidak ada kata 'gagal', yang ada hanya kata 'SUKSES' atau 'MASIH BELAJAR'.

5) Tentukan sebuah sistem trading (daytrading / buy on suport / buy on breakout) yang Anda sukai, kemudian FOKUS lah pada 1 sistem saja. Setiap orang / mentor punya sistem masing-masing dalam trading, tentukan salah satu, mana yang paling klop dengan pribadi Anda, dan latih terus ! Jika sistem Anda mengatakan tidak ada potensi dalam market saat itu, tahan diri Anda untuk trading. Trading hanya pada saat sistem yang Anda pakai menunjukkan potensi beli.

6) Ketika Anda merasa tidak percaya diri atau lesu, ubah gerakan Anda. Postur tubuh Anda akan sangat menentukan emosi Anda. Coba berdiri dan busungkan dada, angkat kedua tangan, buka mata lebar-lebar dan tersenyumlah. Anda akan merasa lebih baik ! Masih kurang bersemangat ? Lari-lari di tempat dan ucapkan kata-kata afirmasi "Saya bisa, saya bisa!" dan seterusnya. Silakan dicoba, dan rasakan bedanya!

7) Terus berlatih, memperbaiki kekurangan di sana - sini, haus akan belajar dan berlatih. Sukses dalam trading sangat erat kaitannya dengan semangat belajar kita. Dengan membaiknya performa trading, otomatis rasa percaya diri akan semakin meningkat !!

Semoga bermanfaat !!
Salam profit,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar